Home » , , , » Cara Pendaftaran Online Jalur Masuk UPR Palangka Raya 2018

Cara Pendaftaran Online Jalur Masuk UPR Palangka Raya 2018

Posted by M Syaiful Islam

Membahas Penerimaan Mahasiswa Baru UPR atau Cara Pendaftaran UNPAR melalui Seleksi Jalur Masuk UNPAR yaitu Jalur SNMPTN, SBMPTN, Seleksi Mandiri, PMB Jalur UMB PT untuk Program Diploma / Sarjana / Pascasarjana UPR/UNPAR serta Pendaftaran Bidikmisi UPR/UNPAR/Universitas Palangka Raya tahun 2018 dikesempatan kali ini. Informasi mengenai sejarah UPR yang akan kita awal terlebih dahulu membuka pembahasan kita saat ini.

UPR (Universitas Palangka Raya)

UPR / UNPAR (Universitas Palangka Raya) merupakan salah satu dari universitas negeri yang berada di Kalimantan lebih tepatnya di Jalan Yos Sudarso, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia. UPR sendiri sudah didirikan sejak tanggal 10 Novermber 1963 yang juga merupakan sebagai perguruan tinggi pertama dan tertua di Kalimantan Tengah. UPR memiliki sebuah moto yaitu "Building Bright Future".

Anda bisa memilih program studi yang tersedia di UPR sesuai dengan minat dan keinginan Anda untuk kemudian melanjutkan ke pendaftaran melalui beberapa jalur masuk yang ada di UPR. Untuk jurusan dan fakultas yang ada di UPR saat ini total ada sekitar 7 Fakultas untul Program Sarjana (S1) dan 7 Program Studi untuk Magister (S2).

Pendaftaran Seleksi UPR (Universitas Palangka Raya)

Pada tahun ini UPR membuka kesempatan bagi calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan pendidikan di UPR dengan mengikuti seleksi masuk yang tersedia. Setelah Anda menemukan program studi yang diminati maka selanjutnya bisa langsung melakukan pendaftaran di UPR.

Seleksi Masuk yang tersedia diantaranya adalah seleksi SNMPTN, SBMPTN, Seleksi UMB PT, dan Mandiri. Saya akan membahas satu-persatu dari beberapa seleksi di atas dalam pembahasan di bawah ini agar Anda bisa mengerti.

1. Pendaftaran Seleksi SNMPTN UPR 2018

Untuk Seleksi SNMPTN UPR sendiri merupakan jenis seleksi nasional yang diselenggarakan pemerintah untuk Perguruan Tinggi Negeri. Anda pun pasti sudah mengetahui jalur masuk yang satu ini. Ya, dengan memperhitungkan nilai rapor dari calon mahasiswa yang mendaftar nantinya panitia akan memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa tersebut untuk bisa masuk di UPR.

Namun perlu diketahui untuk pendaftaran melalui seleksi ini dilakukan dengan dua tahap, yaitu tahap pertama Sekolah harus merekomendasikan Siswanya untuk mengikuti Seleksi SNMPTN dengan cara mendaftarkan melalui website SNMPTN (Baca Cara Mendaftar SNMPTN UPR oleh Sekolah) kemudian untuk tahap yang kedua adalah Siswa sendiri yang melalukan pendaftaran di website SNMPTN (Baca Cara Mendaftar SNMPTN UPR oleh Siswa).

2. Pendaftaran Seleksi SBMPTN UPR 2018

Seleksi SBMPTN UPR ini juga merupakan salah satu seleksi nasional yang diadakan oleh pemerintah. Namun berbeda halnya dengan Seleksi SNMPTN, untuk jalur masuk ini menggunakan sistem seleksi ujian tulis yang dilaksanakan oleh PTN di seluruh Indonesia. Untuk pendaftaran yang dilakukan nantinya Anda harus membayar biaya yang dibayarkan melalui Bank.

Seleksi ini adalah seleksi yang paling banyak pendaftarnya karena sistem ujian tulis yang digunakan dirasa afektif dimana peserta bisa melakukan ujian di PTN terdekat walaupun memilih PTN di daerah lainnya. Jadwal pendaftarannya dimulai dari tanggal 25 April dan berkhir pada tanggal 20 Mei 2018. Untuk tata cara dan syarat pendaftarannya bisa Anda simak di artikel saya Cara Mendaftar SBMPTN UPR.

3. Pendaftaran Seleksi UMB PT UPR 2018

Sedangkan untuk seleksi UMB PT adalah seleksi yang diselenggarakan oleh P-SPMBN (Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Nusantara). UPR dalam hal ini telah bergabung dengan P-SPMBN untuk mengadakan seleksi penerimaan mahasiswa baru.

Sama seperti halnya dengan Seleksi SBMPTN, seleksi ini juga menggunakan sistem ujian tulis. Untuk jadwal pendaftarannya dibuka dari tanggal 21 Maret - 23 April 2018. Informasi mengenai cara pendaftaran dan prosedurnya silahkan baca artikel saya Cara Mendaftar SPMP UPR.

4. Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi UPR 2018

Menempuh pendidikan di perguruan tinggi tentunya memerlukan biaya yang besar, biaya hidup, biaya perkuliahan, dan biaya untuk kebutuhan yang lainnya. Hal ini sering menjadi kendala bagi calon mahasiswa yang kurang mampu dalam segi ekonomi.

Namun sekarang ini banyak Beasiswa Pemerintah yang telah diselenggarakan dan salah satunya adalah Beasiswa Bidikmisi. Bentuk beasiswa yang diberikan adalah penerima beasiswa sudah ditanggung biaya perkuliahannya oleh pemerintah hingga lulus. Selain itu di setiap semester akan mendapatkan pencairan dana yang dikirimkan melalui rekening.

Untuk itu Anda perlu mencoba untuk mendaftar beasiswa ini jika memang Anda memerlukan agar dapat membantu biaya perkuiahan. Untuk Pendaftarannya dan jadwal bisa Anda simak di artikel saya Cara Mendaftar Beasiswa Bidikmisi UPR.

5. Pendaftaran Pascasarjana UPR 2018

Anda juga bisa melanjutkan program pendidikan Pasasarjana di UPR melalui seleksi PPS UPR. Sehingga di UPR tidak hanya membuka seleksi untuk program Diploma dan Sarjana, juga ada seleksi untuk Pascasarjana. Untuk prosedur pendaftarannya bisa Anda simak di laman www.upr.ac.id (silahkan copas linknya).

Demikianlah informasi seputar Cara Pendaftaran UPR yang bisa saya informasikan kepada Anda terkait juga dengan beberapa seleksi UPR dan sejarah singkat dari UPR, semoga dapa memberikan manfaat kepada Anda.

Saya turut mendoakan mudah-mudahan Anda bisa lulus ujian seleksi yang diikuti dan dapat diterima menjadi mahasiswa aktif di UPR untuk melanjutkan pendidikan.

Terimakasih Anda mengunjungi situs saya, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat. Dipersilakan untuk memberikan komentar tentang tanggapan dan pertanyaan Anda dari artikel di atas. Jangan lupa untuk "LIKE" dan "SHARE". Jika acara Anda ingin diposting di ALMETpedia hubungi kami melalui Kontak.

0 komentar:

Post a Comment