Home » , , , » Cara Pendaftaran Online Universitas Indonesia 2018, Jalur Masuk UI

Cara Pendaftaran Online Universitas Indonesia 2018, Jalur Masuk UI

Posted by M Syaiful Islam

UI (Universitas Indonesia) pada tahun ini membuka Pendaftaran untuk mahasiswa baru melalui beberapa jalur masuk yang disediakan di UI untuk Program Diploma / Sarjana / Pascasarjana UI seperti Jalur SBMPTN, SNMPTN, PPKB, Talentscouting, SIMAK, SIMAK-International, Beasiswa Bidikmisi Universitas Indonesia (UI). Baiklah kali ini saya akan membagikan beberapa informasi terkait hal di atas yaitu Pendaftaran Universitas Indonesia. Namun sebelumnya mari sekilas kita membahas tentang Universitas Indonesia (UI).

UI atau yang memiliki kepanjangan Universitas Indoensia merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik yang masuk peringkat sepuluh besar. Kampus utama Universitas Indoensia terletak di kota Depok, Jawa Barat, Indonesia dan kampus yang lainnya berada di daerah Salemba, Jakarta Pusat, Indonesia. UI juga merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di pulau jawa. UI memiliki moto yaitu Kebenaran, Kejujuran, Keadilan.

Pendaftaran Universitas Indonesia (UI)

Itulah beberapa informasi singkat mengenai sejarah dan keunggulan UI. Sekarang kita kembali ke topik pembahasan kita yaitu pendaftaran online UI.  Namun sebelum melangkah ke pendaftaran, sebaiknya Anda menetukan terlebih dahulu jurusan dan program studi yang Anda minati di UI. Anda bisa simak berbagai nama jurusan dan program studi di artikel saya yang berjudul Daftar Jurusan/Fakultas/Program Studi di UI.

Pada tahun ini Universitas Indonesia membuka beberapa jalur masuk yang dapat diikuti untuk proses penerimaan mahasiswa baru. Jalur masuk yang ada diantaranya adalah SNMPTN, SBMPTN, PPKB, Talentscouting, SIMAK, SIMAK-Kelas Internasional dan Beasiswa Bidikmisi. Berikut saya jabarkan satu persatu dari berbagai jalur masuk tersebut.

Jalur Masuk di Universitas Indonesia (UI)

1. Pendaftaran UI Jalur SNMPTN 2018

Jalur SNMPTN atau yang memiliki kepanjangan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah seleksi jalur masuk yang menggunakan sistem undangan. Nantinya calon mahasiswa yang bisa mendaftar di jalur masuk ini merupakan siswa yang telah direkomendasikan oleh sekolahnya berdasarkan prestasi dan nilai rapor yang dimilki. Tidak ada biaya sepeserpun yang akan dikeluarkan karena seluruh biaya sudah ditanggung oleh pemerintah.

Sekolah harus merekomendasikan siswanya dengan melakukan pendaftaran di website resmi SNMPTN (Baca Panduan Pendaftaran SMPTN oleh Sekolah) kemudian sekolah akan mendapatkan KAP dan PIN dari panitia SNMPTN untuk diberikan pada masing-masing siswa. Nantinya siswa melakukan pendaftaran di website resminya SNMPTN (Baca Panduan Penendaftaran SNMPTN oleh Siswa).

2. Pendaftaran UI Jalur SBMPTN 2018

Jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) merupkan jalur masuk yang menggunakan sistem ujian tulis yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia. Jalur SBMPTN sendiri merupkan jalur masuk yang paling banyak peminatnya. Jika Anda ingin mengikuti jalur SBMPTN maka nanti Anda akan dikenakan biaya pendaftaran yang harus di bayarkan di Bank, kecuali bagi Anda yang merupakan calon mahasiswa pendaftar Beasiswa Bidikmisi maka tidak diharuskan membayar biaya pendaftaran. Sedangkan calon mahasiswa yang boleh mengikuti seleksi SBMPTN adalah semua lulusan SMA/SMK atau sederajat hingga maksimal kelulusan tidak lebih dari 3 tahun setelah tahun kelulusan. Untuk informasi labih lanjut mengenai tata cara pendaftar, persyaratan, dan jadwal pelaksanaannya bisa Anda simak di artikel saya yang berjudul Panduan Pendaftaran SBMPTN.

3. Pendaftaran UI Jalur PPKB 2018

Jalur PPKB merupakan salah satu jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke program Vokasi dan S1 Pararel. Nantinya hanya sekolah yang mendapatkan undangan saja yang bisa mendaftar melalui jalur masuk ini. Calon mahasiswa hanya boleh memilih satu program studi vokasi atau program S1 Pararel. Untuk informasi lebih lanjut mengenai tata cara, persyaratan, dan jadwal pelaksanaan bisa Anda simak di https://penerimaan.ui.ac/id/ppkb (silahkan dicopas).

4. Pendaftaran UI Jalur SIMAK 2018

Jalur SIMAK merupakan salah satu jalur masuk yang menggunakan sistem ujian tulis. Jalur masuk ini bisa diikuti bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan di program S1 Reguler, S1 Pararel, atau Vokasi. Untuk Anda yang ingin melanjutkn ke program S1 Reguler maka ada batasan maksimal tahun lulus, sedangkan untuk Anda yang ingin melanjutkan ke program S1 Pararel dan Vokasi tidak ada persyaratan batasan maksimal tahun lulus. Informasi terkait tata cara, persyaratan, dan jadwal pelaksanaan bisa Anda simak di laman simak.ui.ac.id (silahkan dicopas).

5. Pendaftaran UI Jalur Talentscouting 2018

Jalur Talenscouting jalur masuk yang menggunakan sistem undangan. Jalur masuk ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin malnajutkan pendidikan ke program S1 Kelas Internasional. Nantinya hanya sekolah yang mendapat undangan saja yang bisa mendaftarkan siswanya untuk mengikuti jalur masuk ini. Calon mahasiswa nantinya hanya boleh memilih satu program studi S1 Kelas Internasional di UI. Untuk informasi lebih mengenai langkah-langkah pendaftaran, syarat-syarat, dan jadwal pelaksanaan dapat Anda akses di laman http://penerimaan.ui.ac.id/en/ppkb?p=281 (silahkan dicopas).

6. Pendaftaran UI Jalur SIMAK-Kelas Internasional 2018

Jalur SIMAK-Kelas Internasional merupakan jalur masuk yang menggunakan sistem ujian tulis. Untuk soal ujian yang dikeluarkan menggunakan bahasa inggris. Bagi Anda yang ingin mengikuti jalur masuk ini tidak ada persyaratan batas maksimal tahun lulusan. Untuk informasi lebih lanjut bisa Anda simak di laman http://simak.ui.ac.id/kelas-internasioanal.html (silahkan dicopas).

7. Pendaftaran UI Jalur Beasiswa Bidikmisi 2018

Jalur Beasiswa Bidikmisi merupakan beasiswa yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkkan pendidikan di perguruan tinggi namun terkendala dari segi ekonomi yang kurang mampu namun memiliki prestasi dalam bidang akademik. Beasiswa bidikmisi ini bertujuan untuk membantu melanjutkan program pendidikan bagi putra-putri bangsa yang memiliki prestasi. Nantinya penerima Beasiswa Bidikmisi akan mendapatkan pencairan dana dari pemerintah untuk biaya hidup dan biaya kuliah. Sebagai syarta penerimaan Beasiswa Bidikmisi Anda juga harus mengikuti jalur masuk yang lain seperti SBMPTN dan SNMPTN. Untuk informasi lebih lanjut tentang cara melakukan pendaftaran Beasiswa Bidikmisi bisa Anda simak di artikel saya yang berjudul Panduan Mendaftar Beasiswa Bidikmisi.

8. Pendaftaran UI Untuk Program Studi S2, S3, dan Profesi

Jalur masuk yang bisa Anda ikuti untuk melanjutkan program pendidikan S2, S3, dan Profesi adalah melalui SIMAK UI.  Adapun Anda harus terlebih dahulu membuta akun di situs resminya kemudian menyiapkan dokumen pendaftaran sebagai berikut :

Dokumen pendaftaran yang harus dilengkapi untuk membuat akun adalah
  • Salinan ijasah yang telah dilegalisasi (bentuk pdf)
  • Salinan transkip nilai yang telah dilegalisasi (bentuk pdf)
Dokumen tambahan untuk pendaftar dari lulusan perguruan tinggi luar negeri adalah
  • Surat penyetaraan ijasah dari Dikti (bentuk pdf)
Dokumen tambahan untuk pendaftar program S3
  • Rekomendasi dari 2 guru atau ahli bidang ilmu terkait (bentuk pdf)
  • Praproposal/Statement of Intent/Abstrak/Rencana Penelitian
Untuk pendaftar program S3 (Doktoral) diharapkan mengonsultasikan program studi yang dipilih terkait kedua hal tersebut. Untuk informasi lebih lanjut bisa Anda simak langsung di laman resminya yaitu https://penerimaan.ui.ac.id (silahkan dicopas).

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai Pendaftaran Online Universitas Indonesia (UI) untuk tahun 2018 terkait dengan sejarah singkat UI, Daftar Jurusan/Faklutas/Program Studi UI, dan beberap jalur masuk di UI, semoga informasi yang saya bagikan dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda yang ingin melakukan pendaftaran di UI, saya turut mendoakan agar Anda dapat di terima di UI menjadi mahasiswa aktif.

Terimakasih Anda mengunjungi situs saya, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat. Dipersilakan untuk memberikan komentar tentang tanggapan dan pertanyaan Anda dari artikel di atas. Jangan lupa untuk "LIKE" dan "SHARE".

0 komentar:

Post a Comment