Home » , , » Cara Pendaftaran Online IPDN 2018

Cara Pendaftaran Online IPDN 2018

Posted by M Syaiful Islam

Saya bagikan info Cara Pendaftraran IPDN, Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN, Pendaftaran dan Penerimaan SPCP CAPRA IPDN, Syarat Pendaftaran Online IPDN, Institusi Pemerintah Dalam Negeri yang akan saya jabarkan penjelesannya di bawah ini. Namun sebelumnya mari kita ulas singkat tentang IPDN.

IPDN atau Intitut Pemerintah Dalam Negeri adalah salah satu Lembaga Pendidikan atau Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan Kementrian Dalam Negeri Replubik Indonesia. IPDN bertujuan untuk mempersiapkan dan menghasilkan para kader pemerintahan yang baik dalam tingkat daerah ataupun tingkat pusat.

Cara Pendaftaran IPDN

IPDN sendiri merupakan penggabungan dari STPDN dengan IPP (Institut Ilmu Pemerintahan) yang dilakukan ole Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam sidang kabinet karena kasus kekerasan yang terjadi di IPDN.

IPDN resmi didirikan pada tanggal 18 Agustus 1990 dan lokasi IPDN yaitu di daerah Sumedang tepatnya di Jalan Ir. SoekarnoKM 20, Desa Cibeusi, Jatinagor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Indonesia.

Untuk Anda yang ingin menjadi salah satu dari kader pemerintahan, maka Anda sebaiknya mendaftarkan diri di IPDN. Di sini saya akan memberikan informasi mengenai pendaftaran online IPDN terkait dengan persyaratan, tata cara pendaftaran, serta jadwal pelaksanaannya.

Persyaratan Pedaftaran IPDN 2018

  1. Pendaftar merupakan warga Indonesia (WNI).
  2. Pendaftar memiliki usia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun.
  3. Memiliki nilai rata-rata Ijazah atau Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) dari tingkat sekolah menengah ke atas (SMA) dan Madrasah Aliyah (MA) minimal 7,00 dengan batas tahun kelulusa tiga tahun terakhir.
  4. Untuk pendaftar pria memiliki tinggi badan minimal 160 cm dan untuk pendaftar wanita memiliki tinggi badan minimal 155 cm.
  5. Pendaftar tidak pernah ditato dan untuk pria harus tidak pernah ditindik telinga atau anggota badan yang lainnya kecuali karena ketentuan Agama/Adat.
  6. Pendaftar tidak menggunakan kacamata/lensa kontak sesuai dengan pemeriksaan kesehatan.
  7. Pendaftar belum pernah menikah atau hamil serta peserta harus sanggup tidak menikah selama mengikuti proses pendidikan.
  8. Pendaftar harus menaati segala peraturan kehidupan Praja dan haru mengganti seluruh biaya yang telah dikeluarkan oleh pemerintah jika suatu saat akan mengundurkan diri, diberhentikan dan/atau melanggar peraturan pendidikan.
  9. Pendaftar akan diberhentikan jika melakukan tindak kriminal, mengkonsumsi dan/atau menjual belikan narkoba, serta melakukan perkelahian atau tindak kekerasan. dan tindakan asusila yang berdampak hukum atau tidak.

Pendaftar harus memenuhi persyaratan di atas untuk bisa mendaftarkan diri di IPDN, selain itu pendaftar juga harus melengkapi administrasi yang diperlukan.

Kelengkapan Administrasi Pendaftaran IPDN 2018

  • File KTP / Kartu Tanda Penduduk (discan untuk diupload saat melakukan pendaftaran online)
  • File Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir (discan untuk diupload saat melakukan pendaftaran online)
  • File Ijazah/STTB ang telah dilegalisasi oelh pejabat yang berwenang (discan untuk diupload saat melakukan pendaftaran online)
  • File pasfoto terbaru (berwarna menghadap ke depan dan tidak menggunakan kacamata) dengan ukuran 4 x 6 cm (discan untuk diupload saat melakukan pendaftaran online)
  • Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Puskesmas/RSUD
  • Biodata Pendaftar yang diisikan pada saat melakukan pendaftaran online
  • Membuat surat pernyataan belum pernah menikah/kawin, hamil/melahirkan dan sanggup tidak menkah/kawin selama mengikuti proses pendidikan dengan diketahui oleh orang tua/wali yang dinyatakan secara tertulis dan ditandatangani di atas materai Rp. 6.000
  • Membuat surat pernyataan bersedia menaati segala peraturan kehidupan Praja dan bersedia mengembalikan seluruh biaya pendidikan yang telah dikeluarkan pemerintah jika suatu saat mengundurkan diri, diberhentikam dan/atau melanggar peraturan pendidikan dinyatakan secara tertulis dan ditandatangani di atas materai Rp. 6.000.
  • Membuat surat pernyataan bersedia diberhentikan jika melakukan tindak kriminal, mengkonsumsi dan/atau menjual belikan narkoba, serta melakukan perkelahan atau tindak kekerasan dan tindakan asusila yang berdampak hukum atau tidak dinyatakan secara tertulis dan ditandatangani di atas materai Rp. 6.000.
  • Pasfoto berwarna (menghadap kedepan, tidak memakai kacamata, dan latar belakang berwarna merah) ukuran 3 x 4 cm sebanyak 4 lembar dan 4 x 6 cm sebanyak 2 lembar.
  • Persyaratan administrasi tersebut harus tersusun rapi dan dimasukkan kedalam map berwarna biru untuk pendaftar pria dan map berwarna merah untuk pendaftar wanita, untuk ditunjukkan kepada Tim Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN Kampus Jatinangor bagi pendaftar yang lolos sampai dengan tahap Pantukhir.

Alur Penerimaan IPDN

  1. Pendaftar melakukan pendaftaran
  2. Tahap seleksi administrasi / verifikasi berkas
  3. Pendaftar melakuan tes psikologi, integritas, dan kejujuran
  4. Pendaftar melakukan tes kesehatan
  5. Pendaftar melakukan tes kesemaptaan
  6. Pendaftar melakukan tes kometensi dasar
  7. Penetapan MDN
  8. Kuliah perdana sebagai mahasiswa IPDN

Tata Cara Pendaftaran IPDN

  1. Kunjungi website resminya di laman http://spcp.ipdn.ac.id (silahkan copas linknya)
  2. Mengisi biodata pendaftaran awal (Nama, Tanggal Lahir, KTP/NIK, Password, Surel/Email)
  3. Penitia akan mengikrimkan konfirmasi melalui surel/email yang sudah didaftarkan
  4. Login kembali ke laman http://spcp.ipdn.ac.id (silahkan copas linknya)untuk melengkapi registrasi
  5. Isi formulir biodata diri, biodata orang tua, upload foto, STTB, dan dokumen administrasi lainnya yang diperlukan
  6. Panitia akan melakukan proses verifikasi dari dokemn adminitrasi pendaftaran
  7. Bagi pendaftar yang dinyatakan lulus, maka langsung mencetak kartu tanda peserta
  8. Pendaftar mengikuti tes kemampuan dasar (TKD)

Jadwal Pelaksanaan IPDN 2018

  • Pendaftaran online dilaksanakan pada tanggal 29 Maret - 19 April 2018
  • Pelaksanaan TKD (Tes Kemampuan Dasar) tanggal 9 - 13 Mei 2018

Ket : hati-hati terhadap penipuan yang mengatas namakan panitia IPDN, karena seluruh proses tidak dikenakan biaya apapun.

Demikianlah informasi yang bisa saya sampaikan mengenai Pendaftaran Onine IPDN 2018 terkait persyaratan, kelengkapan administrasi, alur pendaftaran, tata cara pendaftaran, dan jadwal pendaftaran, semoga informasi yang saya bagikan dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda yang akan melakukan pendaftaran IPDN, saya juga turut mendoakan semoga Anda dapat lulus seleksi IPDN, Amin.

Terimakasih Anda mengunjungi situs saya, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat. Dipersilakan untuk memberikan komentar tentang tanggapan dan pertanyaan Anda dari artikel di atas. Jangan lupa untuk "LIKE" dan "SHARE".

0 komentar:

Post a Comment