Home » , , , » Strategi Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Benar dan Bijak

Strategi Cara Memilih Jurusan Kuliah Yang Benar dan Bijak

Posted by M Syaiful Islam

Baca Juga Artikel
Bingung Memilih Jurusan Kampus yang tepat untuk dijadikan pilihan sebelum mendaftar masuk ke perguruan tinggi ? Ya, hal ini merupakan suatu kelumrahan yang dialami oleh adek siswa-siswi baru lulus dari bangku sekolah menengah ke atas. Jurusan apa yang cocok ya ? Nanti belajar apa saja kalau masuk jurusan itu ? Biayanya mahal gak di jurusan itu ? Prospek kerjanya bagaimana kalau masuk jurusan itu ? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu pasti melekat di pikiran teman-teman semua. Wajar saja karena memilih jurusan yang tepat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi tidak boleh asal-asalan karena biaya perkuliahan dan waktu yang dikeluarkan saat sudah mengikuti perkuliahan tentunya tidak sedikit. Belum lagi biaya kehidupan yang harus dikeluarkan seperti bensin untuk transportasi, biaya untuk mengerjakan tugas yang diberikan dosen, dan biaya-biaya ajaib lainnya yang bisa muncul tiba-tiba.

Strategi Cara Memilih Jurusan Kuliah

Sedikit cerita saja, saya memiliki teman yang salah masuk jurusan. Dia merupakan mahasiswa Jurusan Telekomunikasi di salah satu perguruan tinggi negeri di Jakarta. Awalnya dia pikir kalau Jurusan Telekomunikasi merupakan jurusan yang mempelajari bagaimana cara berkomunikasi dan membangun relasi dengan banyak orang. Namun karena minimnya pengetahuan tentang gambaran umum Jurusan Telekomunikasi ketika dia diterima masuk sebagai mahasiswa Jurusan Telekomunikasi dia pun menyesal dan mengeluh. Pasalnya ternyata Jurusan Telekomunikasi yang dia maksud ternyata mempelajari tentang jaringan serta sinyal elektro. Namanya juga TELEKOMUNIKASI yang artinya TELE = Jauh dan KOMUNIKASI = Pengiriman dan penerimaan pesan yang dilakukan dua atau lebih orang. Ya pastinya yang dipelajari tentang cara membuat antena, cara membuat program, dan lain-lainnya. Saat di perkuliahan pun dia kesulitan untuk mengikuti pelajaran dari dosen. Tapi mau bagaimana lagi nasi sudah menjadi bubur dan bubur kalau di kasih ayam, krupuk sama sambel jadinya kan enak. Lah kok ngaco sih, hehe. Maksudnya semuanya sudah terjadi dan dia pun menerima dengan ikhlas kejadian tersebut walaupun dia berencana mengikuti Ujian Tulis SBMPTN di tahun berikutnya, akan tetapi ternyata dia tidak lulus ujian tersebut.

Dari cerita di atas kita semua bisa mengambil pelajarannya bahwa salah masuk jurusan merupakan momok yang menakutkan. Untuk itu sebaiknya memilih jurusan harus dilakukan dengan sangat matang-matang jika tidak ingin terjadi seperti teman saya tersebut. Tidak hanya itu, memilih jurusan juga harus diperhitungkan seberapa besar peluang kita untuk diterima. Banyaknya lulusan siswa sekolah menengah ke atas tentunya memperketat persaingan diterimanya di suatu perguruan tinggi apalagi kampus favorit. Lalu bagaimana strategi untuk memilih jurusan yang sesuai dengan potensi diri. Berikut Informasinya silakan disimak langsung di bawah ini.

Tips dan Trik Memilih Jurusan Kuliah

  1. Sesuaikan bakat, minat dan cita-cita
    Dalam memilih jurusan yang tepat sebaiknya harus menyesuaikan dengan minat dan bakat teman-teman. Kebanyakan siswa kurang tepat memilih jurusan karena tidak sesuai dengan minat dan bakat. Ingatlah bahwa segala sesuatu yang akan kita lakukan hendaknya di dasari dari rasa suka. Maka dari itu coba lihatlah minat dan bakat Anda, kemudian kolaborasikan juga dengan cita-cita. Sebagai contoh teman-teman memiliki minat dan bakat dalam dunia elektro, namun teman-teman memiliki cita-cita sebagai seorang pengusaha. Nah dari situ teman-teman bisa menggabungkan keduanya menjadi pengusaha yang memproduksi perangkat elektronik seperti TV, Kipas Angin, atau bahkah Hape.

  2. Perhitungkan Daya Tampung Jurusan Sehingga Bisa Memprediksi Peluang Diterimanya
    Banyaknya lulusan siswa yang mendaftar ke perguruan tinggi menjadi persoalan karena persaingan ketat akan terjadi. Pasalnya jumlah perguruan tinggi yang ada tidak sebanyak jumlah sekolah tingkat menengah ke atas, beberapa jurusan-jurusan favorit pun membatasi kuota penerimaan mahasiswa baru. Untuk itu lihat juga seberapa banyak peminat pada jurusan tersebut. Semakin banyak peminatnya maka pesaingnya juga semakin banyak. Tapi hal ini jangan menjadikan Anda patah semangat jika ternyata jurusan yang benar-benar Anda sukai memiliki peminat yang banyak. Tetaplah kejar jurusan yang Anda sukai tersebu karena setiap calon mahasiswa masuk memiliki peluang sama besar untuk diterima, tentunya peluang akan semakin besar jika Anda mendapatkan nilai bagus saat melakukan tes ujian masuk.

  3. Carilah Informasi Yang Dapat Dipercaya
    Carilah informasi-informasi mengenai gambaran umum atau prospek kerja tentang jurusan yang akan dipilih. Jangan sampai Anda buta informasi salah-salah Anda bisa salah masuk jurusan. Informasi bisa Anda dapatkan dari guru, teman, kakak kelas, ataupun mahasiswa yang sudah masuk di jurusan tersebut, dan sebagainya. Dalam mencari informasi jangan samapai Anda terpengaruh oleh orang lain yang berkesan menjelek-jelekkan atau membangga-banggakan secara berlebihan agar Anda masuk ke jurusan tersebut. tetap perhatikan poin pertama di atas.

  4. Perhitungkan Lokasi dan Biaya
    Bagi masyarakat golongan ekonomi menengah ke bawah biaya perkuliahan harus sangat diperhitungkan mengingat pembelajaran di perkuliahan ditempuh lebih dari 1 tahun bahkan sampai 4 tahun. Di mana teman-teman akan membutuhkan banyak biaya dan pengeluaran yang berhubungan dengan studi dan lain-lain. Akan tetapi INGAT!! Jangan jadikan keterbatasan dana sebagai penghambat kalian untuk meraih cita-cita. Di dalam kampus banyak sekali tawaran-tawaran program beasiswa pendidikan. Selain itu, jika teman-teman ingin meringankan beban orang tua kalian bisa menyambi kuliah dengan bekerja freelance yang dapat dilakukan seorang mahasiswa.
Mungkin teman-teman masih sangat kebingungan untuk menentukan pilihan. Untuk itu teman-teman bisa merenungkan sejenak, menenangkan hati dan pikiran akan mempermudah menjawab pertanyaan Anda untuk memilih jurusan. Jangan lupa untuk berdoa dan meminta dukungan dari orang tua dan saudara untuk mewujudkan cita-cita kalian. Pemilihan jurusan kuliah dapat menentukan masa depan kalian. Namun jika suatu saat nanti kalian tidak masuk pada jurusan yang diinginkan tidak perlu menyesal. Mungkin itu merupakan jalan yang terbaik buat kalian. Menerima dengan ikhlas akan membuka jalan yang terang untuk masa depan Anda.

Demikian informasi yang bisa saya berikan tentang Tips dan Trik Strategi Memilih Jurusan Kuliah. Semoga informasinya dapat bermanfaat untuk kalian yang dilanda kebingungan dalam Memilih Jurusan Kuliah, hal terpenting adalah teman-teman tetap semangat dan jangan pernah putus asa.


Terimakasih Anda mengunjungi situs saya, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat. Dipersilakan untuk memberikan komentar tentang tanggapan dan pertanyaan Anda dari artikel di atas. Jangan lupa untuk "LIKE" dan "SHARE". Kini ALMETpedia tersedia di Android, Download Sekarang. Jika acara Anda ingin diposting di ALMETpedia hubungi kami melalui Kontak.

0 komentar:

Post a Comment