Home » , , , » Syarat-syarat Mendaftar Beasiswa Bidikmisi 2016

Syarat-syarat Mendaftar Beasiswa Bidikmisi 2016

Posted by M Syaiful Islam

Baca Juga Artikel
Cara Mendaftar Beasiswa Bidik Misi secara untuk menjadi penerima Beasiswa Bidikmisi dari Dikti. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendaftarkan Beasiswa Bidikmisi. Pendaftaran secara online, semi online, dan offline bisa dilakukan dengan memenuhi syarat-syarat dan ketentuan yang harus diketahui. Setelah pada kesempatan menulis artikel yang berjudul Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi 2016 yang membahas tentang pengertian, tujuannya, macam-macam cara pendaftarannya, dan kuota penerimaannya. Kali ini kita akan membahas tentang Cara Mendaftar Beasiswa Bidik Misi 2016 Secara Online serta persyaratan-persyaratannya. Namun Sebelum membahas tentang cara dan syarat-syarat pendaftaran, mari kita singgung sedikit tentang Beasiswa Bidik Misi ini.

Persyaratan Beasiswa Bidik Misi

Beasiswa Bidikmisi merupakan beasiswa yang diturunkan atau dikeluarkan oleh Dikti untuk membantu biaya pendidikan dan kehidupan bagi calon mahasiswa yang menerima sehingga dapat menempuh pendidikan di bangku perkuliahan hingga selesai. Tentunya hal ini dapat menjadi motivasi untuk meningkatkan belajar dan prestasi bagi calon mahasiswa yang ingin terus mendapatkan beasiswa tersebut. Cara pemberian bantuan beasiswa tersebut yang diberikan oleh Dikti sendiri berupa uang yang akan ditransfer ke rekening mahasiswa yang terdaftar sebagai penerima. Rekening tersebut juga akan dibuatkan saat dinyatakan sebagai mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi. Berapa jumlah uang yang diberikan bagi penerima merupakan keputusan dari Dikti, dan untuk saat ini jumlah uang yang diberikan bagi penerima sejumlah Rp. 600,000,00 per bulannya selama menjadi mahasiswa aktif dan tidak melanggar kebijakan Beasiswa Bidikmisi.

Demi mencapai tujuan Dikti untuk memberikan Beasiswa Bidikmisi agar tepat sasaran kepada calon mahasiswa yang kesulitan dalam segi ekonomi dan memiliki prestasi, maka beberapa persyaratan umum yang harus kalian ketahui jika ingin mendaftar sebagai penerima. Lalu apa saja syarat-syarat yang harus diketahui. Berikut saya informasikan beberapa persyaratan umun tentang Beasiswa Bidikmisi.

Persyaratan Umun Beasiswa Bidikmisi 2016 :

  • Pendaftar beasiswa harus siswa SMA/MA/SMK/MAK atau sederajatnya yang aka lulus di tahun 2016.
  • Lulusan tahun 2015 yang bukan penerima Beasiswa Bidikmisi dan tidak bertentangan dengan ketentuan penerimaan mahasiswa baru di masing-masing perguruan tinggi.
  • Usia maksimal pada waktu mendaftar adalah usia 21 tahun.
  • Tidak mampu dalam segi ekonomi dengan beberapa kriteria berikut : (1) Siswa merupakan  penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) atau pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya. Jika kriteria nomor 1 tidak terdapat pada pendaftar maka bisa melihat kriteria nomor 2. (2) Pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami/istri) perbulannya Rp. 3.000.000,00 atau pendapatan kotor gabungan orang tua/wali (suami istri) dibagi dengan jumlah anggota keluarga yaitu Rp. 750.000,00 perbulannya.
  • Pendidikan orang tua/wali setinggi-tingginya adalah tingkat S1 (Strata 1) atau D4 (Diploma 4).
  • Mempunyai potensi akademik baik berdasarkan rekomendasi obyektif dan akurat dari kepala sekolah yang bersangkutan.
  • Pendaftar akan difasilitasi untuk memilih salah satu di antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan ketentuan berikut : (1) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan pilihan Seleksi Masuk Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri di masing-masing PTN. (2) Politeknik, UT, dan ISI. (3). Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sesuai pilihan seleksi masuk.
Untuk kuota yang Bidikmisi untuk setiap Perguruan Tinggi bisa kalian lihat sendiri di artikel saya yang berjudul Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi.

Setelah membahas tentang Syarat-syarat Mendaftar Beasiswa Bidikmisi 2016. Tentunya kalian sudah bisa menganalisis diri sendiri, apakah persyaratan-persyaratan di atas bisa dipenuhi oleh kalian karena persyaratan-persyaratan tersebut mutlak harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Jika ada salah satu persyaratan saja tidak terpenuhi maka secara otomatis kalian tidak akan mendapatkan Beasiswa Bidikmisi tersebut karena Dikti tidak ingin target pencapaian saluran dana beasiswa tersebut salah sasaran. Namun walaupun sudah jelas kriteria persyaratan-persyaratan apa saja yang harus dipenuhi oleh penerima beasiswa, masih ada saja penerima yang tidak tepat. Ada beberapa mahasiswa yang bisa dikatakan mampu masih lolos penyaringan pendaftaran Beasiswa Bidikmisi. Alhasil uang yang seharusnya bisa dimanfaatkan dengan bijak untuk biaya pendidikan dan kehidupan justru digunakan untuk foya-foya.

Kembali lagi ke pembahasan, jika kalian dirasa sudah memenuhi kriteria di atas maka kalian sudah siap untuk mendaftarkan diri secara online di situs resminya di lama Bidikmisi.Belmawa.Ristekdikti.go.id (silahkan dicopas linknya). Itulah informasi yang bisa saya bagikan ke kalian mengenai Persyaratan Mendaftar Beasiswa Bidik Misi 2016. Untuk Langkah - langkanya kalian bisa baca di artikel selanjutnya yang akan membahas tentang langkah-langkah Mendaftar Beasiswa Bidik Misi oleh Sekolah dan Langkah-langkah mendaftar Beasiswa Bidikmisi oleh Siswa.

Terimakasih Anda mengunjungi situs saya, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat. Dipersilakan untuk memberikan komentar tentang tanggapan dan pertanyaan Anda dari artikel di atas. Jangan lupa untuk "LIKE" dan "SHARE". Kini ALMETpedia tersedia di Android, Download Sekarang. Jika acara Anda ingin diposting di ALMETpedia hubungi kami melalui Kontak.

0 komentar:

Post a Comment