Home » , , » Cara Pendaftaran Jalur Masuk ITB 2018

Cara Pendaftaran Jalur Masuk ITB 2018

Posted by M Syaiful Islam

Bagaimanakah Cara Melakukan Pendaftaran di ITB untuk calon mahasiswa baru, Pendaftaran di ITB di lakukan secara Online dengan beberapa jalur masuk yang tersedia untuk program Diploma, Sarjana, ataupun Pascasarjana seperti jalur masuk SNMPTN, SBMPTN, Mandiri, Beasiswa Bidik Misi yang semua itu bisa diikuti oleh calon mahasiswa baru yang ingin mendaftarkan diri untuk menjadi mahasiswa aktif di Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk tahun ajaran 2018.

Setelah pada kesempatan yang lalu kita sudah membahas tentang bagaimna cara melakukan Pendaftaran di UNAIR (Universitad Airlangga) maka pada kesempatan ini kita akan membahas tuntas tentang bagaimana cara melakukan Pendaftaran di ITB yang bisa dilakukan secara online melalui situs resminya yaitu di www.itb.ac.id. Namun sebelum membahas lebih dalam mengenai beberapa jalur masuk yang tersedia di ITB mari kita sedikit mengulas tentang Intitut Teknologi Bandung.

Pendaftaran Online ITB

Pendaftaran Jalur Masuk ITB


ITB atau yang memiliki kepanjangan Institut Teknologi Bandung merupakan salah satu perguruan tinggi tertua di Indonesia yang sudah diresmikan berdiri sejak 2 Maret 1959. Kampus ITB sendiri berlokasi di Jalan Ganesha No 10 Bandung, Jawa Barat 40132 namun ada juga yang berlokasi di Jalan Winaya Mukti No 1 Jatinangor. ITB yang awal berdirinya ditujukan untuk memenuhi kebutuhan tenaga teknik karena menjadi sulit karena pecahnya hubungan Indonesia antara negara Belanda dan wilayah jajahannya di Nusantara akibat perang dunia pertama, mempunyai sebuah moto yaitu kemajuan dalam keselarasan. Selain itu ITB juga merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia dalam peringkat 10 besar.

Baiklah setelah sedikit membahas tentang ITB terkait dengan sejarah dan keunggulan dari Institut Teknologi Bandung (ITB), sekarang kita akan membahas tentang beberapa jalur masuk yang tersedia untuk calon mahasiswa baru yang ingin mendaftarkan diri. Pada tahun ini tentunya ITB akan membuka jalur pendaftaran yang tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya melihat banyak sekali peserta yang mendaftar sehingga semakin ketatnya persaingan untuk memasuki perguruan tinggi ITB. Ada beberapa persyaratan yang perlu Anda ketahui jika ingin mendaftarkan diri sebagai calon mahasiswa baru di ITB.

Persyaratan Umum Masuk ke Institut Teknologi Bandung (ITB)

  • Peserta tidak buta warna total ataupun parsial, Persyaratan ini dikhususkan untuk fakultas/sekolah/program studi SITH (Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati), SF (Sekolah Farmasi), FTTM (Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan), FSRD (Fakultas Seni Rupa dan Desain), Kimia-MIPA (Saat Penjurusan), Teknik Geologi-FITB (Saat Penjurusan), Teknik Lingkungan-FSTL (Saat Penjurusan), Rekayasa Infrakstruktur Lingkungan-FTSL (Saat Penjurusan), Teknik Kimia FTI (Saat Penjurusan).
  • Peserta tidak buta warna total khusus Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian (FITB).
  • Bagi calon mahasiswa yang telah dinyatakan lulus dalam seleksi jalur SNMPTN atau SBMPTN diwajibkan hadir di ITB untuk melakukan daftar ulang. Jika calon mahasiswa tidak hadir dalam jangka waktu yang telah ditentukan maka calon mahasiswa dianggap membatalkan kelulusan seleksi jalur SNMPTN atau SBMPTN di ITB.
Itulah beberapa persyaratan umum yang harus dipenuhi bagi calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar di ITB. Baiklah setelah membahas tentang persyaratan-persyatan masuk ITB saatnya kita membahas beberapa jalur masuk di Institut Teknologi Bandung (ITB) yang bisa Anda ikuti berikut ini.

1. Pendaftaran Seleksi SNMPTN ITB 2018

Pendaftaran calon mahasiswa baru bisa dilakukan melalui seleksi jalur SNMPTN atau yang juga dikenal sebagai seleksi jalur masuk undangan. ITB yang merupakan salah satu perguruan tinggi negeri tentunya ikut berpartisipasi dalam pembukaan seleksi jalur SNMPTN. Jalur ini ditujukan untuk menyaring calon mahasiswa terbaik bangsa yang memiliki prestasi selama di bangku SMA/SMK/MA ataupun sederajat. Adapun nantiya sekolah harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dan kemudian diikuti pendaftaran yang dilakukan oleh siswanya. Untuk informasi lebi lanjut Anda bisa menyimak artikel saya yang berjudul Cara Melakukan Pendaftaran SNMPTN ITB.

2. Pendafatan Seleksi SBMPTN ITB 2018

Pendafatran calon mahasiswa baru yang ingin masuk di ITB juga bisa mengikuti seleksi jalur masuk SBMPTN atau juga dikenal sebagai jalur tes tulis yang dilakukan serantak se-Indonesia. Jalur seleksi ini merupakan jalur masuk yang paling banyak peminatnya dimana peserta yang boleh mengikuti seleksi ini merupakan siswa yang telah lulus SMA/SMK/MA atau sederajat maksimal tiga tahun setelah lulus. Tentunya Anda harus benar-benar mempersiapkan diri agar bisa lulus dalam seleksi ini karena banyaknya peserta yang mendaftar. Untuk Informasi lebih lanjut mengenai seleksi jalur masuk SBMPTN di ITB bisa Anda simak dalam artikel saya yang berjudul Cara Melakukan Pendaftaran SBMPTN ITB.

3. Pendaftaran Seleksi Beasiswa Bidikmisi ITB 2018

Tidak berbeda dengan perguruan tinggi negeri yang lain, ITB juga membuka seleksi jalur Beasiswa Bidikmisi ITB yang bisa diikuti dan dijutukan untuk calon mahasiswa yang memiliki kondisi kurang mampu dalam segi ekonomi namun memiliki prestasi yang gemilang dalam akademik.

Nantinya penerima beasiswa Bidik Misi ini akan dibebaskan dari segala bentuk biaya administrasi di kampus dan setiap bulannya mendapat pencairan dana untuk biaya hidup dan perkuliahan. Calon mahasiswa yang ingin mendaftar beasiswa Bidik Misi terlebih dahulu mendaftarkan diri melalui situs resmi Bidik Misi dan kemudian tetap harus mengikuti seleksi jalur masuk SNMPTN ataupun SBMPTN.

Jika calon mahasiswa dinyatakan lulus dalam mengikuti seleksi jalur masuk SNMPTN atau SBMPTN maka nantinya calon mahasiswa bisa mendapatkan beasiswa Bidik Misi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai jalur masuk Beasiswa Bidik Misi silahkan Anda simak Artikel saya yang berjudul Cara Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi ITB.

4. Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa ITB

ITB memberikan penawaran program pertukaran mahasiswa (student exchange program) untuk para mahasiswa yang berasal dari perguruan mitra ITB di luar negeri untuk melakukan studi di ITB sebagai mahasiswa pertukaran. Jalur pendaftaran ini diperuntukkan bagi mahasiswa dari perguruan mitra ITB di luar negeri yang ingin mengambil kredit di ITB (Credit Earning Program) ataupun hanya ingin mengikuti proses pembelajaran di ITB tanpa melakukan pengambilan kredit di ITB. Untuk informasi selengkapnya mengenai pendaftaran pertukaran mahasiswa di ITB bisa akses di laman http://usm.itb.ac.id/international/index.php/student-exchange/admission-and-requirement/ (silahkan dicopas linknya).

5. Pendaftaran untuk WNI Luar Negeri (PMBLN) ITB

Pendaftaran jalur PMBLN atau Penerimaan Mahasiswa Baru WNI Luar Negeri diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin menempuh sekolah lanjutan tingkat atas (SLTA) di sekolah luar negeri. Namun sekolah yang dimaksud bukan merupakan Sekolah Republik Indoesia (SRI) yang diselenggarakan oleh perwakilan Republik Indonesia yang ada di luar negeri. Untuk informasi selengkapnya mengenai pendaftaran jalur PMBLN bisa disimak di situs resminya di laman www.itb.ac.id (silahkan dicopas linknya).

6. Pendaftaran Pasca Sarjana ITB

Pendaftaran untuk calon mahasiswa baru lulusan sarjana yang ingin melanjutkan ke jenjang pascaserjana terbuka untuk Anda yang ingi melanjutkan ke jenjang Magister ataupun Doktor. Ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus Anda penuhi. Untuk petunjuk dan jadwal pelaksanaannya bisa Anda simak dengan mengakses di situs resminya pada laman http://usm.itb.ac.id/wp/?page_id=541 (silahkan dicopas linknya).

ITB yang merupakan salah satu dari perguruan tinggi terbaik saat ini tentunya memiliki banyak peminat yang ingin mendaftarkan diri agar dapat menempuh pendidikan di jenjang perguruan tinggi di ITB, untuk itu Anda perlu mempersiapkan diri semaksimal mungkin agar dapat diterima di ITB.

Demikianlah beberapa informasi mengenai Pendaftaran Online ITB terkait dengan sejarah ITB, keunggulan ITB, persyatan masuk ITB dan beberapa jalur masuk di ITB yang bisa diikuti oleh calon mahasiswa, semoga informasi yang saya bagikan dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda, saya turut mendoakan agar Anda dapat diterima di ITB sebagai mahasiswa aktif, Amin.

Terimakasih Anda mengunjungi situs saya, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat. Dipersilakan untuk memberikan komentar tentang tanggapan dan pertanyaan Anda dari artikel di atas. Jangan lupa untuk "LIKE" dan "SHARE". Jika acara Anda ingin diposting di ALMETpedia hubungi kami melalui Kontak.

0 komentar:

Post a Comment