Home » , , » Para Santri TPA Menggunakan Metode Al Ikhlas Khataman Al-Quran

Para Santri TPA Menggunakan Metode Al Ikhlas Khataman Al-Quran

Posted by M Syaiful Islam

Sejumlah Taman Pendidikan Al-Qur'an atau TPA di wilayah sekitar Tanggerang Selatan mengikuti acara khataman Alqur'an yang diselenggarakan oelh LPM (Lembaga Pengembangan Metode) Al Ikhlas dan Yayasan Al Ikhlas Bintaro Jaya pada hari senin (8 Februari 2016) yang lalu. Gerakan Khtaman Al-qur'an ini merupakan suatu kegiatan yang mendidik para anak-anak muslim dalam mengenal lebih lanjut tentang Al-Quran. Al-Quran yang merupakan pedoman hidup bagi umat muslim memang harusnya diperkenalkan sejak dini agar dalam masa pertumbuhannya para anak-anak muslim tidak terjerumus dalam hal-hal yang negatif apalagi di zaman sekarang ini sehingga anak tidak akan mudah untuk dipengaruhi oleh hal-hal negatif.

Pawai TPA Al Ikhlas


Lembaga Pengembangan Metode sendiri diketuai oleh Iyet Nurhayati. Tidak kurang dari 8 TPA yang datang dari wilayah kecamatan Ciputat, Kecamatan Ciputat Timur, dan Kecamatan Pondok Aren dalam kegiatan acara khataman Al-Quran dan khatam belajar buku metode membaca Al-Quran untuk pemula. Sebanyak 67 santri dari TPA-TPA tersebut sangat menikmati terselenggaranya acara khataman Al-Quran ini yang dimana dalam hal ini menggunakan metode Al Ikhlas.

Adapun ke 67 santri yang telah hadir dalam acara tersebut berasal dari ke 8 TPA yang diantaranya adalah :
  1. TPA Al Ikhlas Bintaro Jaya
  2. TPA Masjid Raya Bani Umar
  3. TPA Darul Ikhlas
  4. TPA Nurul Jannah
  5. TPA Al Khoiriah
  6. TPA Nurul Yaqin
  7. TPA Nurus Shomad
  8. TPA Ar Rahman
Bisa dikatakan antusias para santri dalam mengikuti acara khataman Al-Qur'an ini sangat besar. Saat acara berlangsung, dikatakan juga oleh Nurul Nashihah yang merupakan Wakil Ketua dari LPM Al Ikhlas bahwa para santri-santri yang telah hadir di bagi dengan tiga kategori yaitu kategori tingkat dasar yang di dalamnya terdapat sebanyak 41 santri yang telah menamatkan belajar sebanyak 4 jilid buku Metode Al Ikhlas, kategori tingkat menengah yang di dalamnya terdapat sebanyak 24 santri yang telah khatam membaca Al-Quran lebih dari 10 juz, dan kategori tingkat atas yang didalamnya terdapat sebanyak 3 santri yang sudah mengkhatamkan membaca Al-Quran sebanyak 30 juz.

Dalam penjelasan lanjutnya, Nur Nashihah mengatakan bahwa para peserta yang hadir merupakan anak-anak usia sekolah dasar. Oleh karena itu dengan didampingi para orang tua/wali dan para guru dari TPA masing-masing, mereka datang ke Masjid Bani Umar, Graha Bintaro, Kelurahan Perigi Baru, Kecamatan Pondol Aren Tanggerang Selatan. Sebelum acara dimulai merekapun melakukan pawai bersama orang tua/wali dan guru TPA mengelilingi halaman Masjid Bani Umar dengan diiringi oleh musik marawis.

Dalam hal ini, Iyet Nurhayati berencana akan terus mendukung Lembaga Pengembangan Metode Al Ikhlas dan TPA Al Ikhlas Bintaro Jaya. Tidak Hanya itu, seluruh TPA-TPA yang menggunakan Metode Al Ikhlas tersebut juga akan mendapatkan dukungan yang sama. Tentunya hal-hal semacam ini perlu ditingkatkan dan diperluas agar para pemuda muslim memiliki karakter seorang muslim yang baik.

Terimakasih Anda mengunjungi situs saya, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat. Dipersilakan untuk memberikan komentar tentang tanggapan dan pertanyaan Anda dari artikel di atas. Jangan lupa untuk "LIKE" dan "SHARE". Jika acara Anda ingin diposting di ALMETpedia hubungi kami melalui Kontak.

0 komentar:

Post a Comment