Home » , , , » PLN Mulai Buka Kelas di Perguruan Tinggi, Dengan Peluang Beasiswa

PLN Mulai Buka Kelas di Perguruan Tinggi, Dengan Peluang Beasiswa

Posted by M Syaiful Islam

Pembukaan kelas untuk Jurusan Teknik Elektro dalam bidang Kelistrikan khususnya arus kuat yang di lakukan oleh PLN tentunya memberikan sebuah pilihan baru dalam dunia pendidikan di bangku perkuliahan. Tidak hanya itu, kejelasan dan terjaminnya mendapat pekerjaan setelah lulus dari bangku perkuliahan juga ditawarkan. Setelah sempat membahas tentang Strategi Cara Memilih Jurusan Yang Benar dan Bijak, kita coba mengulas tentang pembukaan kelas yang dilakukan oleh PLN bekerja sama dengan beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia.

Beasiswa Jurusan PLN

PLN yang telah bekerja sama dengan beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia telah menandatangani perjanjian kerja sama penyelenggaraan Program Pendidikan Diploma III di bidang Teknik Elektro. Penanda tanganan ini dilakukan oleh Direktur Utama PLN yaitu Sofyan Basir dengan para Rektor, Direktur, dan para Kepala Lembaga-lembaga Pendidikan Tinggi pada Rabu, 1 Juli 2015 di kantor pusat PLN, Jakarta.

Setelah menjalin kerja sama di enam Perguruan Tinggi di Indonesia yang  di antaranya adalah Universitas Diponegoro (UNDIP), Sekolah Tinggi Vokasi Universitas Gajah Mada (SV UGM), Politeknik Negeri Malang (POLINEMA), Politeknik Negeri Ujung Padang (PNUP), Politeknik Negeri Semarang (POLINES), dan juga Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT-PLN), kini pada tahun 2016 bulan Februari PLN kembali menjalin kerja samanya dengan Perguruan Tinggi Politeknik yaitu Politeknik Manado. Untuk kerja samanya dengan Politeknik Manado ini akan mulai dibuka pendaftaran kelas baru pada penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2016. Dengan memprioritaskan generasi muda Suluttenggo yang ingin mendaftar di kelas baru ini, diharapkan mampu bersaing dengan yang dari luar daerah karena seleksi penerimaannya pun begitu ketat, tidak hanya di lakukan oleh Politeknik Manado saja melainkan juga seleksi oleh pihak PLN agar lulusan yang dihasilkan pun memiliki kualitas yang baik dan siap pakai sehingga mampu membawa perubahan besar bagi dalam dunia kelistrikan di Indonesia.

Kembali pada pembahasan PLN yang bekerja sama dengan beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia, seluruh siswa yang dinyatakan diterima untuk menjalani pendidikan selama tiga tahun memiliki peluang yang sama dalam mendapatkan beasiswa dari PLN. Selama menempuh pendidikan di bangku perkuliahan para siswa tidak diperbolehkan keluar di lembaga pendidikan dan setelah lulus tidak boleh melamar pekerjaan selain di PLN. Ini merupakan persyaratan yang harus dipenuhi dan dipikirkan matang-matang sebelumnya.

Dalam menghadapi program 35.000 MW yang sedang dikerjakan PLN dalam lima tahun ke depan, PLN akan meningkatkan kuantitas dan kualitas pendidikannya. Sebenarnya PLN sendiri telah melakukan kerja sama dengan Perguruan Tinggi sejak tahun 2009. Pada awal kerja samanya pun dilakukan dengan STT PLN dan kemudian di lanjutkan kerja sama dengan beberapa Perguruan Tinggi lainnya. Alhasil para lulusan dari tahun angkatan 2009 dan 2010 telah diangkat menjadi pegawai PLN sedangkan untuk angkatan 2011 akan diangkat menjadi pegawai setelah melewati masa pra jabatan di PLN.

Tidak kurang dari 500 SDM lulusan D III Jurusan Elektro siap pakai yang dibutuhkan PLN untuk mengisi beberapa formasi pegawai di seluruh Indonesia. Kemungkinan jumlahnya akan terus bertambah seiring meningkatnya pelayanan PLN dalam memenuhi kebutuhan konsumsi listrik masyarakat di seluruh Indonesia. Mungkin kelas PLN ini bisa menjadi pilihan bagi kalian yang ingin melanjutkan program pendidikan di Perguruan Tinggi yang jelas akan prospek kerjanya dan berpeluang mendapatkan beasiswa selama menempuh pendidikan.

Terimakasih Anda mengunjungi situs saya, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat. Dipersilakan untuk memberikan komentar tentang tanggapan dan pertanyaan Anda dari artikel di atas. Jangan lupa untuk "LIKE" dan "SHARE".

0 komentar:

Post a Comment