Home » , , , , » Cara Mudah Membuat Cerita Pendek (Cerpen) Yang Baik dan Benar

Cara Mudah Membuat Cerita Pendek (Cerpen) Yang Baik dan Benar

Posted by M Syaiful Islam

Cara Mudah dalam Membuat Cerita Pendek atau Cerpen merupakan ilmu dasar yang perlu diketahui bagi Anda yang sedang ingin membuat cerpen karena tugas sekolah/kampus atau sekedar hanya ingin mengisi waktu luang. Setelah pada kesempatan yang sebelumnya kita sudah mengulas tentang bagaimana Cara Mudah Membuat Ringkasan yang baik dan benar pada kesempatan kali ini kita akan membahas tuntas tentang cara membuat Certa Pendek (Cerpen). Berikut informasinya bisa Anda simak dibawah ini, namun ada baiknya kita sedikit melakukan basa-basi terlebih dahulu.

Menulis merupakan suatu kegiatan yang tidak semua orang bisa dengan mudah melakukannya. Menulis disini maksudnya adalah membuat suatu karangan yang mampu menggambarkan suatu pemikiran dari penulisnya yang dituangkan dalam bentuk tulisan dalam bahasa yang dipahami oleh pembaca. Tidak mudah memang dalam merangkai kata demi kata agar bisa enak di baca dan dipahami. Namun bukan berarti ini merupakan hal yang tidak bisa di kuasai, pada dasarnya semua orang bisa menjadi penulis asalkan ada kemauan untuk belajar dan berlatih terus menerus. Dengan rajin menulis setiap harinya kemampuan menulis Anda akan berkembang.

Cara Mudah Membuat Cerpen

Baiklah kali ini akan membahas tentang langkah-langkah membuat cerita pendek yang juga salah satu latihan jika Anda ingin menjadi seorang penulis. Beberapa langkah berikut ini merupakan langkah mudah bagi pemula yang ingin membuat cerita pendek atau cerpen. Berikut panduan langkah-langkah mudah dalam membuat cerpen

1. Tentukan Tema Cerpen
Dalam membuat sebuah karangan tulisan pastinya membutuhkan tema yang jelas agar karangan tersebut tidak ngelantur kesana kemari. Pastikan Anda menentukan tema yang ingin Anda angkat dan perjelas sehingga Anda tidak kesusahan di tengah jalan dalam menulis.

2. Tentukan Tokoh dan Karakter
Setelah tema dari cerpen yang akan Anda buat sudah ditentukan dan dirasa matang langkah selanjutnya adalah menentukan peran dari karakter-karakter yang terdapat dalam cerpen Anda seperti peran antagonis dan pentagonis. Kemudian Anda tentukan tentang apa tujuan dari tokoh pentagonis agar cerpen yang Anda buat tidak panjang lebar. Contohnya adalah seorang anak yang ingin membahagiakan orang tuanya atau tentang seorang guru yang ingin muridnya menang dalam lomba cerdas cermat.

Setelah menentukan tujuan dari tokoh pentagonis tentunya tidak lupa untuk menentukan tujuan dari tokoh antagonis. Langkah ini selain membuat cerpen yang Anda buat lebih terarah, juga untuk mengimbangi jalannya cerita dari cerpen Anda. Contohnya Seorang ibu tiri yang jahat dan ingin mengusir anak tirinya atau seorang siswa yang nakal dan male untuk belajar.

3. Tentukan Alur Cerita
Baik, menentukan tema sudah, menentukan tokoh dan karakter juga sudah, selanjutnya adalah menentukan masalah antar tokoh pentagonis dan tokoh antagonis. Buatlah alur cerita mulai dari pengenalan, konflik, hingga penyelesaian. Contohnya adalah seorang anak yang berusaha belajar dengan sungguh-sunguh, menentang ibu tiri yang selalu jahat padanya dan kemudian kabur dari rumah. Kemudian buatlah kesimpulan dari keseluruhan cerita yang Anda buat, buatlah juga ending dan solusi yang sesuai dari masalah yang sudah Anda buat. Pastikan bahwa ending yang Anda buat dapat mewakili segala emosi yag terdapat dalam cerita sehingga emosi benar-benar tesampaikan ke pembaca.

4. Finishing dan Editing
Setelah Anda selesai melakukan beberapa tahapan di atas maka langkah selanjutnya adalah melakukan proses editing. Bacalah kembali mulai dari awal cerita hingga akhir cerita. Langkah ini bertujuan untuk mengubah beberapa bagian dari cerpen yang Anda rasa penting namun pertahankan agar tidak merubah alur dan jalannya cerita. Dengan proses editing ini Anda dapat mengurangi ataupun menambahkan bagian cerita yang dianggap kurang pas sehingga dapat meminimalisi kesalahan dari cerita yang Anda buat.

Beberapa langkah di atas harus Anda latih terus menerus agar meningkatkan kemampuan menulis Anda. Anda juga akan lebih ahli dan mudah dalam membuat cerpen. Anda tidak perlu takut akan hasil cerpen Anda yang jelek karena proses belajar membuat cerpen merupakan sebuah proses yang panjang. Maka dari itu perlu adanya latihan terus menerus.

Demikianlah beberapa informasi mengenai Cara Mudah Membuat Cerpen yang baik dan benar, semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda.

Terimakasih Anda mengunjungi situs saya, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat. Dipersilakan untuk memberikan komentar tentang tanggapan dan pertanyaan Anda dari artikel di atas. Jangan lupa untuk "LIKE" dan "SHARE".

0 komentar:

Post a Comment