Home » , , , , » Cara Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi Tahun 2016 Secara Online

Cara Pendaftaran Beasiswa Bidikmisi Tahun 2016 Secara Online

Posted by M Syaiful Islam

Baca Juga Artikel
Baca Juga Artikel
Cara Mendaftar Beasiswa Bidik Misi 2016 Secara Online perlu diketahui langkah-langkahnya bagi kalian yang belum memahami tata cara pendaftarannya. Para calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar Beasiswa Bidik Misi terdapat beberapa jalur yang bisa dilakukan. Setelah kemarin membahas tentang Persyaratan-persyaratan Mendaftar Beasiswa Bidik Misi, kali ini kita akan membahas tentang cara atau Langkah-langkah Mendaftar Beasiswa Bidik Misi Secara Online di website resmi Bidik Misi yaitu di laman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.

Cara Mendaftar Beasiswa Bidik Misi Secara Online

Jika kalian merupakan calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri sebagai penerima dana bantuan Beasiswa Bidik Misi, perlu kalian ketahui bahwa ada beberapa jalur masuk untuk mendapatkan beasiswa tersebut. Apa sajakah macam-macam jalur masuk tersebut, mari simak di bawah ini ulasannya.
  1. Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Melalui Jalur SNMPTN
    Jika Anda ingin mendaftar Beasiswa Bidik Misi juga bisa melalui jalur masuk SNMPTN. Untuk langkah-langkah dan persyaratan mengenai Pendaftaran SNMPTN pun sama, hanya saja bedanya adalah kalian mendaftarkan diri mengikuti jalur Masuk SNMPTN melalui Bidik Misi. Jadi ketika kalian dinyatakan lulus secara otomatis kalian juga akan mendapatkan Beasiswa Bidik Misi tersebut. Jika kalian ingin mendaftar silakan kunjungi website resminya di http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id (silahkan copas linknya).
  2. Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Melalui Jalur SBMPTN
    Bagi kalian yang tidak mendapatkan undangan seleksi jalur SNMPTN atau tidak lulus dalam seleksi jalur SNMPTN, kalian bisa mencoba kembali untuk mendaftar Beasiswa Bidik Misi melalui seleksi jalur SBMPTN. Untuk tata cara dan persyaratan Pendaftaran SBMPTN pun sama, seperti melalui jalur SNMPTN kalian juga berhak mendapatkan Beasiswa Bidik Misi ketika kalian dinyatakan lulus seleksi jalur SBMPTN. Jika kalian ingin mendaftar melalui jalur SBMPTN kunjungi saja website resminya di http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id (silahkan copas linknya).
  3. Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi Melalui Jalur Masuk Mandiri
    Untuk jalur masuk yang satu ini biasanya hanya beberapa Perguruan Tinggi yang membuka secara resmi untuk calon mahasiswa yang ingin mendapatkan Beasiswa Bidik Misi di Perguruan Tinggi tersebut. Untuk itu kalian bisa cek terlebih dahulu di website resmi dari Perguruan Tinggi yang akan kalian pilih dan jika di Perguruan Tinggi tersebut didapati pendaftaran Beasiswa Bidik Misi kalian bisa ikuti langkah-langkah yang sudah dijabarkan di website tersebut atau kalian bisa kunjungi website resmi SBMPTN di http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id (silahkan copas linknya).


Jadwal Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi

  • Pendaftaran oleh sekolah dilakukan mulai tanggal 1 Februari sampai 1 September 2016
  • Pendaftaran oleh siswa dilakukan mulai tanggal 1 Februari sampai 1 September 2016
  • Pendaftaran melalui jalur SNMPTN dilakukan mulai tanggal 25 Februari sampai 11 Maret 2016
  • Pendaftaran melalui jalur SBMPTN dilakukan mulai tanggal 22 April sampai 18 Mei 2016
Keterangan : Jadwal bisa berubah sewaktu-waktu

Tata cara melakukan Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi 2016 Secara Online
Ada dua tahapan yang harus dilakukan jika kalian ingin mendaftar sebagai penerima Beasiswa Bidik Misi. Yang pertama pendaftaran oleh sekolah dan yang kedua pendaftaran oleh siswa. Beriku penjelasannya mengenai kedua tahapan tersebut :

Cara Pendaftaran SNMPTN Oleh Pihak Sekolah

  1. Sekolah mendaftarkan diri sebagai instasi pemberi rekomendasi kepada peserta Beasiswa Bidik Misi di halaman website http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah/ (silahkan copas linknya)
  2. Setelah membuka halaman website pada alamat di atas, makan akan muncul 2 buah pilihan yaitu untuk sekolah yang sudah terdaftar serta sudah mendapatkan akun dan sekolah yang belum terdaftar sebagai pemberi rekomendasi Beasiswa Bidik Misi kepada siswa.

    - Untuk sekolah yang sudah terdaftar dan sudah mendapatkan akun Bidik Misi langsung saya login dengan akun yang sudah dimiliki dengan klik pilihan "Sudah Terdaftar"

    - Untuk sekolah yang belum terdaftar sebelumnya, bisa klik pilihan "Belum Terdaftar". Bagi sekolah yang belum pernah mendaftar dan belum mempunyai akun Bidik Misi maka harus melakukan pendaftaran dengan mengisi data sekolah dengan melampirkan hasil scan pindai (scan) identitas dan prestasi sekolah untuk mendapatkan kode akses sekolah.
  3. Ditjen Belmawa akan melakukan verifikasi dalam kurun waktu 1 x 24 jam pada hari dan jam kerja.
  4. Setelah dilakukan verifikasi, sekolah bisa login dengan menggunakan akun yang terdiri dari NPSN dan Kode Akses Sekolah di halaman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/sekolah/ (silahkan copas linknya) untuk merekomendasikan peserta Bidik Misi dari sekolah yang bersangkutan.
  5. Setelah sekolah mendaftarkan peserta Bidik Misi, sekolah akan mendapatkan nomor pendaftaran dan kode akses untuk masing-masing siswa-siswi yang telah direkomendasikan untuk mendapatkan Beasiswa Bidik Misi.
  6. Selanjutnya sekolah memberikan nomor pendaftaran dan kode akses kepada siswa yang telah direkomendasikan.
  7. Langkah selanjutnya siswa melakukan pendaftaran di halaman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa/ (silahkan copas linknya).

Cara Mendaftar Beasiswa Bidik Misi Oleh Siswa

  1. Login ke halaman http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/siswa/ dengan menggunakan nomor pendaftaran dan kode akses yang sudah diberikan oleh pihak sekolah.
  2. Setelah login siswa mengisi biodata diri dengan lengkap dan benar, jangan lupa untuk memeriksa kembali data yang telah dimasukkan dengan teliti.
  3. Setelah mengisi biodata diri maka langkah selanjutnya adalah mencetak kartu tanda peserta Bidik Misi.
  4. Bagi siswa yang sudah menyelesaikan pendaftaran Beasiswa Bidik Misi, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran ujian seleksi nasional atau mandiri yang akan diikuti sebagai syarat Bidik Misi. Adapun beberapa ujian yang bisa diikuti di antaranya adalah Bikimisi SNMPTN, Bidikmisi SBMPTN, Bidikmisi PMDK-Politeknik Negeri, Bidikmisi UT/ISI, Bidikmisi jalur mandiri Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta.
Setelah melakukan pendaftaran secara online sesuai langkah-langkah yang sudah dijabarkan di atas, maka selanjutnya peserta Bidik Misi melakukan ujian sesuai ujian seleksi yang sudah didaftarkan.

Setelah peserta Bidik Misi melakukan ujian sesuai ujian seleksi yang dipilih dan dinyatakan lulus seleksi dari hasil pengumuman. Langkah selanjutnya adalah kalian harus membawa beberapa berkas ke Perguruan Tinggi tersebut untuk melengkapi biodata saat melakukan pendaftaran ulang. Kalian bisa mendatangi bagian administrasi dari kampus yang bersangkutan. Adapun berkas-berkas tersebut sebagai berikut :

  1. Kartu peserta dan formulir pendaftaran program Beasiswa Bidik Misi yang telah dicetak dari sistem pendaftaran Bidik Misi.
  2. Surat keterangan lulus dari pihak sekolah aslinya.
  3. Fotokopi rapor mulai dari semester 1 sampai semester 6 yang sudah dilegalisasi oleh kepala sekolah.
  4. Fotokopi Ijazah yang sudah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah.
  5. Fotokopi nilai ujian akhir nasional yang sudah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah.
  6. Surat keterangan mengenai prestasi atau peringkat siswa di dalam kelas dan bukti pendukung prestasi lain di bidang ko-kurikuler dengan ekstrakurikuler yang sudah dilegalisasi oleh Kepala Sekolah.
  7. Kartu Perlindungan Sosial (KPS) atau Bantuan Siswa Miskin (BSM) jika mempunyai.
  8. Surat keterangan penghasilan orang tua/wali atau juga bisa surat keterangan tidak mampu dari kelurahan dan dapat dibuktikan kebenarannya.
  9. Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
  10. Fotokopi bukti rekening listrik bulan terakhir dan atau bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).
Jika dilihat secara keseluruhan dari mulai pendaftaran hingga proses administrasi terasa sangat panjang dan melelahkan. Tapi kenapa tidak, toh itu juga demi kebaikan kalian juga untuk mendapatkan Beasiswa Bidik Misi.
Itulah proses panjang mengenai Cara Mendaftar Beasiswa Bidik Misi 2016 Secara Online, semoga dapat membantu teman-teman semua. Di sini saya turut mendoakan agar teman-teman semua dapat menerima Beasiswa Bidik Misi. Bagi kalian yang belum beruntung di tahun ini tetap semangat dan jangan pernah putus asa. Masih ada kok beasiswa-beasiswa yang lain yang tersedia di setiap Perguruan Tinggi khususnya di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
Pulsa Gratis
Pulsa Gratis

Terimakasih Anda mengunjungi situs saya, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat. Dipersilakan untuk memberikan komentar tentang tanggapan dan pertanyaan Anda dari artikel di atas. Jangan lupa untuk "LIKE" dan "SHARE". Kini ALMETpedia tersedia di Android, Download Sekarang. Jika acara Anda ingin diposting di ALMETpedia hubungi kami melalui Kontak.

0 komentar:

Post a Comment