Home » , , » Pendaftaran SNMPTN 2016

Pendaftaran SNMPTN 2016

Posted by M Syaiful Islam

Baca Juga Artikel
Baca Juga Artikel
Pendaftaran SNMPTN 2016 atau dikenal dengan jalur undangan SNMPTN untuk seleksi mahasiswa baru untuk masuk ke PTN dilakukan juga dengan cara online di situs resmi SNMPTN pada laman snmptn.ac.id yang dilakukan oleh peserta SNMPTN (Baca Panduan Mendaftar SNMPTN Oleh Siswa). Seleksi mahasiswa baru PTN melalui jalur undangan ini dilakukan serentak di seluruh Indonesia yang pastinya harus dimanfaatkan bagi siswa sekolah tingkat menengah ke atas jika ingin melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi negeri favorit. Ya, siapa yang tidak mau dapat melanjutkan jenjang pendidikan di tingkat perguruan tinggi. Pasalnya saat ini perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia lebih mementingkan gelar ketimbang keahlian yang dimiliki seorang pelamar kerja. Apalagi saat ini Indonesia sudah memasuki era MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) di mana peluang kesempatan untuk mendapatkan kerja semakin kecil karena seluruh masyarakat dari berbagai macam negara yang mengikuti ASEAN datang berbondong-bondong datang ke Indonesia untuk mencari pekerjaan.

Pendaftaran SNMPTN 2016

Ini merupakan kesempatan yang tidak datang dua kali untuk siswa bangku SMA sederajat untuk melanjutkan pendidikan di PTN melalui jalur SNMPTN. Dalam sejarahnya SNMPTN mulai dilaksanakan pada tahun 2008 dan peserta bisa melakukan pendaftaran secara mandiri. Sistem yang digunakan untuk menyaring mahasiswa PTN melalui jalur SNMPTN waktu itu dilakukan dengan ujian tulis. Namun ternyata cara ini tidak efektif karena banyak siswa-siswi dari sekolah tingkat menengah ke atas yang berprestasi dalam pelajaran tidak lulus dalam mengikuti seleksi melalui jalur SNMPTN, hal ini juga dirasakan oleh siswa-siswi yang memiliki bakat serta prestasi dalam kejuaraan tingkat nasional seperti kejuaraan Olimpiade. Tentunya jika dirasa jenis ujian yang dilakukan serentak dalam sehari tidak bisa dijadikan acuan dalam menjaring siswa-siswi terbaik untuk masuk ke PTN. Ya, karena bisa saja ada beberapa faktor yang memungkinkan peserta tidak dapat mengikuti ujian seperti sedang sakit atau ada urusan lain yang mendesak sehingga tidak dapat datang untuk ikut melakukan ujian. Belum lagi faktor grogi atau gugup saat melakukan ujian dapat mempengaruhi jawaban.

Tapi kini penerimaan mahasiswa baru PTN yang memiliki kecerdasan, bakat, dan prestasi yang pernah diraih memiliki kesempatan besar untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri dengan mengikuti seleksi jalur SNMPTN karena sekarang seleksi jalur SNMPTN berubah sistem menjadi seleksi jalur undangan atau tidak lagi ujian tes tulis. Sebagai gantinya ujian tulis yang dulunya yaitu SNMPTN kini digantikan oleh Seleksi Jalur SBMPTN yang juga dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. Pendaftarannya pun bisa dilakukan secara online dan pelaksaan ujiannya bisa dilakukan di PTN terdekat di wilayah Anda.

Keunggulan dari seleksi jalur SNMPTN ini yaitu memudahkan bagi siswa-siswi yang memiliki prestasi dan juga membuka peluang dari semua sekolah tingkat menengah ke atas untuk mendaftarkan murid-muridnya mengikuti seleksi jalur SNMPTN semi mendukung kelancaran kelanjutan pendidikannya. Bagi sekolah yang memiliki akreditasi A mempunyai peluang 70%, sekolah dengan akreditasi B mempunyai peluang 40%, serta sekolah yang berakreditasi C dan tidak berakreditasi mempunyai peluang 5%. Namun kelemahan dari jalur ini yaitu berdampak kepada sekolahan yang berada di pedesaan di mana sekitar 70% sekolah yang berada di pedesaan belum mendaftarkan sebagai peserta penerima jalur undangan SBMPTN, padahal ini merupakan kesempatan emas bagi anak-anak desa untuk ikut tampil meraih kesuksesan lewat perguruan tinggi. Entah apa alasan mengapa sekolah-sekolah yang berada di pedesaan belum pernah mendaftarkan diri untuk ikut seleksi jalur SNMPTN.

Selain itu, untuk dapat mengikuti seleksi jalur undangan SNMPTN, sekolah yang bersangkutan harus mendaftarkan diri ke situs resmi SNMPTN pada laman snmptn.ac.id. Ini merupakan kebijakan kepala sekolah untuk melakukan pendaftaran sekolahnya sebagai peserta penerima undangan SNMPTN (Baca Panduan Mendaftar SNMPTN Oleh Sekolah).

Demikian informasi mengenai gambaran umum Pendaftaran SNMPTN 2016 yang bisa saya bagikan kepada Anda. Semoga dapat menjadi panduan bagi Anda untuk melakukan pendaftaran SNMPTN. Untuk cara mendaftar SNMPTN 2016 bisa Anda baca di artikel saya selanjutnya tentang Daftar-daftar PTN Indonesia dan Langkah-langkah Mendaftar SNMPTN.
Pulsa Gratis
Pulsa Gratis

Terimakasih Anda mengunjungi situs saya, semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat. Dipersilakan untuk memberikan komentar tentang tanggapan dan pertanyaan Anda dari artikel di atas. Jangan lupa untuk "LIKE" dan "SHARE". Kini ALMETpedia tersedia di Android, Download Sekarang. Jika acara Anda ingin diposting di ALMETpedia hubungi kami melalui Kontak.

1 komentar:

  1. Ow jagi begitu ceritanya, terimakasih gan infonya.

    ReplyDelete